Balikpapan to Tarakan

Halo,apa kabar kalian ???
Lama sekali aku tak mengunjungi blogku ini,kurang lebih sebulan sudah lamanya,karena kesibukan didunia kerja..
Di postingan kali ini aku ingin menuliskan cerita perjalananku sebulan ini. D ari Balikpapan ke tarakan,saya melakukan perjalan menggunakan transportasi udara pada tanggal 27 Oktober 2014 pukul 18.10 WITA dan sampai di tarakan pukul 19.10 WITA mendarat dengan mulus,tak ada kendala.Ini pertama kalinya aku menginjakan kaki disini,saat mendarat saya berpikir bahwa kota ini tak terlalu ramai dilihat dari trafick bandaranya. Sesampainya disini daya sudah ditunggu oleh sahabat saya yaitu wahyudi (avatar/yudi) yang memang lebih dulu bertugas disini,kami pun langsung tancap gass untuk mengisi perut kami .
Tarakan adalah nama kota yang tak asing ditelingaku tapi aku baru pertama kali secara real menginjakkan kaki disini. Tarakan adalah sebuah pulau yang dulunya bagian dari Kalimantan timur akan tetapi sekarang tarakan adalah daerah Kalimantan utara,yang tak berapa lama ini dibentuk. Bandara tarakan bernama juwata,adalah bandara satu satunya yang ada hingga saat ini.
Kota tarakan sebenarnya besar akan tetapi tak seramai Balikpapan. Disini juga terdapat mall seperti halnya kota Balikpapan namanya Grand Tarakan Mall tapi tidak seramai yang disana,tiidak ada bioskop sayangnya. Tujuan saya ke pulau ini adalah dinas pekerjaan. Letak kantor cabang kami berada di Jl P. Diponegoro  No.08. Jika  ingin berjalan jalan dikota tarakan ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi,yaitu :
1.   Pantai Amal, terdiri dari 2 buah pantai, yaitu pantai amal baru dan pantai amal lama, pantai ini terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur. Pemandangan di pantai amal sangat indah karena memiliki banyak pohon kelapa dan airnya yang berwarna biru 

Suasana di Pantai Amal saat sore hari

2.  Museum Rumah Bundar, merupakan museum dengan bentuk atap bundar atau setengah lingkaran, museum ini berisi peninggalan sejarah milik Belanda dan Jepang.
Museum tampak dari samping 

Didirikan oleh tentara Australia pada tahun 1945 sebagai tempat tinggal .Museum Rumah Bundar ini berada dikawasan perumahan kampung Baru tepatnya di jalan Danau Jempang Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah.
3.   Baloy Adat Tidung, adalah museum peninggalan sejarah kerajaan Tidung
4.   Hutan Manggrove, merupakan habitat alami dari fauna asli Tarakan, yakni Bekantan
Gerbang masuk kedalamm hutan mangrovenya

5.   Bais Hills Pantai Amal, terdapat kolam renang umum dan restaurant.
6. Taman Kebun Anggrek, merupakan tempat atau lokasi penangkaran serta  pembudidayaan Anggrek di Tarakan 
7.   Taman Oval Ladang,Markoni,Malundung disini banyak penjual angkringan.
8.   Taman Monumen Penghargaan Kota Tarakan di Bandara Juwata
9.   Bungker Peninggalan Belanda
Ini dia Fotonya !!

Meriam sisa sisa peninggalan yang masih berdiri kokoh
tampak dari depan

Pemandangan dari atas lokasi Bungker

 
Lagi nongkrong di atas salah satu bungker yang ada

10. Makam Tentara Jepang
11. Tugu Makam Tentara Australia
12. Air Terjun Karungan
13. Pulau Sadau
14. Bungker peninggalan jepang

0 komentar:

Posting Komentar